Sosialisasi Administrasi Ketaspenan dan Produk Perbankan Bagi ASN yang Memasuki Usia Pensiun

👤by Administrator 🕔21 March 2018 , 3:29 pm

 

Persiapan pensiun bagi PNS telah dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 21 Maret 2018 di Aula lantai 3, Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Rokan Hilir yang diadakan oleh Kantor Cabang PT. Taspen (Persero) Pekanbaru dihadiri juga Bank Mandiri Taspen, dalam acara tersebut hadir Bapak Junaidi Saputra, SH, MH, M.Si yang mewakili Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia yang tidak dapat menghadiri acara karena sedang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Tk. II, dari PT. Taspen (Persero) Pekanbaru yang dihadiri oleh Bapak Refriani Roeslan dan Bank Mandiri Taspen dihadiri oleh Bapak Munawar (tampak pada foto dari kanan ke kiri di meja depan).

Sambutan yang disampaikan oleh Bapak Junaidi pada acara Sosialisasi Administrasi Ketaspenan dan Produk Perbankan Bagi Aparatur Sipil Negara yang sudah Memasuki Batas Usia Pensiun yang disampaikan agar PNS yang akan menjalani pensiun perlu dipersiapkan mental, kemampuan dan keterampilan lain yang dapat dipakai sebagai modal dalam hidup dilingkungan yang baru, maka dari itu pensiun bukanlah akhir dari sebuah pengabdian bagi seorang PNS melainkan adalah anugrah yang harus disyukuri karena telah melewati masa pengabdian sekian puluh tahun untuk negara dan bangsa hingga pada saatnya harus kembali pada masyarakat dengan pengabdian dalam bentuk lain dan semangat yang baru.

Dalam Undang-Undang (UU) No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Pemerintah, mengamanatkan bahwa untuk menjamin perlindungan atas kesinambungan penghasilan hari tuanya maka kepada pensiunan diberikan hak berupa jaminan pensiun dan jaminan hari tua selanjutnya UU No. 24 tahun 2014 mengamanatkan bahwa operasionalisasi layanan program jaminan pensiun dan jaminan hari tua bagi PNS purna bhakti dimaksud diselenggarakan oleh PT. Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri atau PT. TASPEN – Persero, untuk itu pihak PT. Taspen Pekanbaru dan Bank Mandiri Taspen turut serta memberikan pengarahan kepada PNS agar lebih mengetahui hak pada saat memasuki pensiun.